PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PPKP) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Alfonsa Anggun K.W, Tontowi Tontowi, Suparman Arif

Abstract


Learning is a system, thereby achieving the learning standards to improve the quality of
education can begin to analyze every component that can shape and influence it. So many
components that can affect the quality of learning, quality improvement efforts may not
be done by improving the components simultaneously. The purpose of this study was to
determine the effect of the skill learning approach (PPKP) in improving student
achievement history class XI IPS Francis High School Semester in Bandar Lampung one
school year 2011-2012. This means that the better approach to the teachers to the
students, then the likely achievement in the history of the better students approach the
teacher to the students, then the likely achievement history in class XI IPS 1 Bandar
Lampung Francis High School in the academic year 2011-2012, the lower or less good.
Keywords: process skills approach, learning achievement
abstrack: pengaruh pendekatan keterampilan proses (ppkp) dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas xi ips semester genap sma fransiskus i bandar lampung
tahun pelajaran 2011/2012. Pembelajaran merupakan suatu system, dengan demikian
pencapaian standar pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai
dari menganalisis setiap komponen yang dapat membentuk dan mempengaruhinya.
Begitu banyak komponen yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran, tidak
mungkin upaya peningkatan kualitas dilakukan dengan memperbaiki komponen secara
serempak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan
pembelajaran keterampilan proses (PPKP) dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah
siswa kelas XI IPS Semester Genap di SMA Fransiskus 1 Bandar Lampung tahun
pelajaran 2011-2012. Hasil dari penelitian ini berarti semakin baik pendekatan
kerterampilan proces yang dilakukan guru pada siswa, maka cenderung prestasi belajar
sejarah pada siswa semakin baik. pendekatan yang dilakukan guru pada siswa, maka
cenderung prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS di SMA Fransiskus 1 Bandar
Lampung tahun pelajaran 2011-2012, akan semakin rendah atau kurang baik.
Kata kunci: pendekatan keterampilan proses, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur

Penelitian. Bina Aksara : Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional. 2001.

Panduan Pelatihan untuk pengembangan

Sekolah. Depdiknas : Jakarta

Panduan

Penelitian Untuk Pengembangan Sekolah.

Depdiknas : Jakarta

Faisal, Sanafiah. 1995. Metode Penelitian

Pendidikan. Usaha Nasional : Surabaya

Hamalik, Oemar. 1993. Metode Belajar dan

Kesulitan Belajar. Tarsito : Bandung

Hadi, Sutrisno. 1991. Metode Research. UGM

: Jogjakarta

Hutabarat, EP. 1994. Cara-cara Belajar. Sinar

Harapan : Jakarta

Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian

Survei. LP3ES: Jakarta

Sudijono. 1996. Pengantar Statistik

Pendidikan. PT. Raga Grafindo Persada :

Jakarta

Sudjana. 1998. Metode statistika. Tarsito :

Bandung

Supranto, J. 1991. Metode research dan Aplikasinya

dalam Pemasaran. Universitas Indonesia :

Jakarta

Sukardi, Ketut Dewa. 1993. Administrasi dan

Organisasi BP. Ghalia Indonesia : Jakarta

Surachmad, Winarno. 1996. Pengantar

Interaksi Mengajar Belajar. Tarsito : Bandung

Usman, Uzer Moh. 1996. Pengantar

Psikologi. Tarsito : Bandung

Ditaktik Medolik.

Bina Aksara : Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.