Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X-1

Robertus Febrima Yulianto, Syaiful M, Muhammad Basri

Abstract


This study aims to determine the effect of brainstorming learning methods on cognitive learning outcomes of class X-1 students of SMA Xaverius Pringsewu Academic Year 2018/2019. Based on the results of research and data analysis conducted by the author with the title of the influence of the application of the Brainstorming learning method to the learning outcomes of class X-1 students in Historical Subjects at Xaverius Pringsewu High School, it was concluded that there was a significant effect of learning outcomes in using learning methods cognitive students in Historical Subjects at Xaverius Pringsewu High School.

Penelitian ini tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X-1 SMA Xaverius Pringsewu Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan penulis dengan judul pengaruh penerapan metode  pembelajaran Brainstorming  terhadap hasil belajar siswa kelas X-1 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Xaverius Pringsewu diperoleh kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari hasil belajar dalam menggunakan metode pembelajarn Brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Xaverius Pringsewu.

Kata kunci: brainstorming, hasil belajar, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Bahri Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nasution. 1996. Metode Penelitian Kualitatif Naturalistik. Jakarta: Sinar Grafika.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Roestiyah N.K. 2001. Metode Pembelajaran Curah Pendapat. Jakarta: Bumi Aksara.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.