Hubungan Metode Diskusi Kelompok dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS

Riyan Mustafa, Syaiful M., Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this study was to determine the relationship between the use of group discussion methods and student learning outcomes in Historical Subjects at Semaka 1 Public High School, Tanggamus District. Type of this research is Quasi Experimental Design with a Posttest-Only Control Group Design. The population in this study is all students of Class XI IPS in SMA Negeri 1 Semaka, totaling 64 students. The sampling technique is a saturated sampling technique and analyzed by descriptive statistics. The results showed the use of effective group discussion methods to improve student learning outcomes with the average learning outcomes of students in the class that were not taught was 69.43 and entered into the medium category of 32 students, while the learning outcomes of students in the class were taught using the discussion method is 75.21 and entered into the high category.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan metode diskusi kelompok dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Semaka Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semaka yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang tidak diajar adalah 69,43 dan masuk ke dalam kategori sedang dari 32 peserta didik, sedangkan hasil belajar peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode diskusi adalah 75,21 dan masuk ke dalam kategori tinggi.

Kata kunci: diskusi kelompok, hasil belajar, hubungan


Full Text:

PDF

References


Depdiknas, Pedoman Umum Sistem Pengujian Hasil Belajar. http://www.google.com (10 Februari 2017)

Djamarah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Saidihardjo. 2005. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: FIP IKIP.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widja, I Gde. 1989. Dasar-dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: P2LPTK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.