Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
The purpose of the study is to analyze and determine whether or not there is a significant gain in students learning outcomes on Social Studies subject through the application of Active Learning Index Card Match Type learning strategy for grade VII students in Junior High School 8 Pesawaran Academic Year of 2017/2018. This study used the One Shot Case Study method. The statistical data analysis technique was carried out using nonparametric with t-test. By comparing the value of t-observation = 45,682 and the value of t-table (t-t table 0,05 = 2,631 and t-table ts 0,01 = 1,986), it can be seen that the t-observation value was greater than the t-table, which is 1,986 <45,682> 2,631. These results indicated that improvement in learning outcomes is significant. This means that the application of Active Learning Index Card Match Type learning strategy can improve students' learning outcomes in Social Studies subject.
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mengetahui ada atau tidaknya peningkatan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Pesawaran Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode One Shot Case Study. Teknik analisis data statistik menggujikan nonparametrik dengan uji t. Dengan membandingkan besarnya to observasi yang diperoleh dalam perhitungan yakni to observasi = 45,682 dan besarnya nilai ttabel (ttabel ts 0,05 = 2,631 dan ttabel ts 0,01 = 1,986) maka dapat diketahui bahwa nilai t observasi lebih besar dari nilai ttabel, yakni 1,986 < 45,682 > 2,631. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar signifikan. Hal ini berarti, penerapan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Index Card dapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Kata kunci: hasil belajar, penerapan, stategi pembelajaran active learning tipe index card
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2011. Penghantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Refbacks
- There are currently no refbacks.