Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Largo Fitson, Syaiful M, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this study is to improve student learning outcomes through the application of Cooperative Learning Model of kancing gemerincing technique. The type of research used is Classroom Action Research (PTK) which consists of two cycles, where each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. The results showed that the students' learning outcomes before the implementation of Cooperative Learning Model kancing gemerincing technique 41.67% of students who completed and are in the category of "low" after the implementation of learning model is an increase that is in the first cycle of 55.55% and is in the category "Average" with an average value of 72.36 and in cycle II of 86.11% and is in the category of "very high" with an average value of 78.05. In conclusion there is an increase in student learning outcomes in the Subject of History class X IPA 5 SMA Negeri 1 Talangpadang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif teknik Kancing Gemerincing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif tekning Kancing Gemerincing hanya 41,67% siswa yang tuntas dan berada pada kategori “rendah” setelah dilakukannya penerapan model pembelajaran terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 55,55% dan berada pada kategori “sedang” dengan nilai rata-rata 72,36 dan pada siklus II sebesar 86,11% dan berada pada kategori “sangat tinggi” dengan nilai rata-rata 77,67. Kesimpulannya terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Talangpadang.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran, teknik kancing gemerincing


Full Text:

PDF

References


Ardi. 2011. Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah Ratatok. (online) jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/6122/6220

Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ermalinda, Paizaluddin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: (Classroom Action. Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.

Etin, S dan Raharjo. 2007. Cooperatif Learning : Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kesuma, Amelia T. 2013. Menyusun PTK itu Gampang. Jakarta: Esensi.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Spencer. 1990. Cooperative Learning Resource for Teacher. [Online]. Tersedia : www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_198912_kagan.

Supriyadi. 2012.Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Taniredja, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.