Pengaruh Model Pembelajaran Portofolio terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 1 Gedong Tataan

Ning Ayu Saraswita, Iskandar Syah, Syaiful M

Abstract


The purpose of this research is to know the influence of Portfolio Learning Model on student learning outcomes in History Subject of class XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan Year Teaching 2016/2017. This research uses True Experimental Design method with Pretest-Posttest Control Group Design Design. Data analysis technique in this research is quantitative data analysis technique by using t test. Based on data analysis conducted using t test, the result of hypothesis test that thitung = 3.45> ttable = 2.40, so H0 is rejected and H1 accepted. Results of quantitative data analysis Portfolio Learning Model affect the student learning outcomes in the Subject History of students class XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan.

Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Portofolio terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji t diperoleh hasil uji hipotesis bahwa thitung = 3,45 > ttabel = 2,40, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data secara kuantitatif Model Pembelajaran Portofolio berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Sejarah siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Gedong Tataan.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran portofolio, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnie, Fajar. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja. Rostakarya.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kamdi. 2008. Model Pembelajaran Problem Based Learning. http://www.sekolahdasar.net/2011/10/model-pembelajaran-problem-based.html. Diakses tanggal 11 Desember 2017.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.