Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Model Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X IPS
Abstract
The purpose of this study is to determine whether or not the increase in student learning activity after using the scientific approach in the Jigsaw Model on the Subject History of class X IPS students in SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Year 2017/2018 ". The research uses the design of One-Shot Case Study. Population in this research is student of class X IPS which amounts to 143 students in SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah of academic year 2017/2018. The sample in this study using Probability Sampling technique with simple random sampling type as many as 36 students. Technique of data analysis in this research is qualitative data analysis by doing data analysis with formula of percentage.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak peningkatan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan pendekatan Saintifik dalam Model Jigsaw pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X IPS. Penelitian menggunakan desain yaitu One- Shot Case Study. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 143. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simpel Random Sampling sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan dilakukan ujianalisis data dengan rumus Persentase. Berdasarkan analisis data secara kualitatif dengan menggunakan rumus persentase dapat ditarik kesimpulan bahwa ada peningkatan keaktifan belajar siswa dengan Pendekatan Saintifik dalam Model Jigsaw pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: keaktifan belajar, jigsaw, penerapan
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kadir, Abdul. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.