Pengaruh Model LC5E terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kelas X IPS SMAN 1 Tanjung Bintang

Wahyu Triana Wati, Muhammad Basri Muhammad Basri, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


This research is done in SMA N 1 Tanjung Bintang with the aim to know the positive effect of learning cycle 5E learning model on learning motivation History Class X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Bintang Years 2016/2017. The method used Quantitative methods, data collection techniques using questionnaires, documentation and literature. Technique of data analysis using quantitative technique by using Theta Correlation Coefficient (?). It is concluded that there is Influence of Model Lc 5E to the motivation of Learning History, which is positive.

Penelitian ini di lakukan di SMA N 1 Tanjung Bintang dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif model pembelajaran learning cycle 5e terhadap motivasi belajar Sejarah Kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Bintang Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan metode Kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dengan menggunakan Koefisien Korelasi Theta(?). Disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model Lc 5E terhadap motivasi Belajar Sejarah, yang bersifat positif.

Kata kunci: model LC5E, motivasi, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2009. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

B. Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajara. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metode Statistik penelitian. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif. Jakarta: Bina Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.