Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017

Holong Simanjuntak, Syaiful M., Suparman Arif

Abstract


The purpose of this research was to find out "how the implementation of a Learning Model of articulation in the Subjects of history at SMA N 13 Years Bandar Lampung Lesson 2016/2017.". This research uses the Posttest-Only design Control Design. The total population of this research is grade VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Year lessons 2016/2017. The sample chosen by Purposive Sampling technique. Technique of data analysis using quantitative data analysis with test data analysis done with Test and Eta formula F, can be drawn the conclusion that there is a positive influence which simply means that is 0.66 and significant i.e. 46.31 from the influence of learning strategies concept map type of spiders against cognitive learning results of student.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Cara Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.. Penelitian ini menggunakan metode penelirian deskriptif dengan Metode Angket dan Teknik Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan Minat Belajar Siswa, Sebelum Penerapan ada 1 siswa dengan persentase 3.70% pada kategori sangat tinggi, setelah menerapkan model pembelajaran artikulasi ada 12 siswa dengan persentase 44.44% Siswa pada kategori sangat tinggi.

Kata kunci: deskriptif, minat belajar, penerapan


Full Text:

PDF

References


Abu, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar . Jakarta: Bumi Aksara.

Mustaqin, Dkk. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Widja, 1989. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kasmadi. 1996. Model dan Metode Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

JS. Badudu dan Zain. Sultan Muhammas. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Lukman Ali. 1995. Penerapan Model-Model Pembelajaran Jakarta : Bumi Aksara.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Eko Putro Widoyo. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

S. Margono. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nawawi. 1991. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi

Sugiyono. 2013. Metode dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.