Peranan Orang Tua Keluarga Pra Sejahtera dalam Pendidikan Anak
Abstract
One way to improve the learning achievement of a good child, is the attention of parents who are very necessary, because without the attention of parents, it is likely the achievement of children will not be achieved optimally. Especially on those whose parents are busy working for a living, so the time and attention given will be less. The problem in this research, how is the Role of Parents of Pre-Prosperous Family in the Education of their Children in Kampung Baru Village Labuhan Ratu Bandar Lampung. Conclusion, Parents have a role to supervise their children while learning and give attention to their children, especially in the availability of home study facilities. Incomplete learning tools such as books, stationeries, will interfere with and hinder learning in children.
Salah satu cara meningkatkan prestasi belajar anak yang baik, ialah dengan perhatian orang tua yang sangat diperlukan, karena tanpa adanya perhatian dari orang tua, besar kemungkinan prestasi belajar anak tidak akan tercapai secara maksimal. Terlebih pada mereka yang kedua orang tuanya sibuk bekerja mencari nafkah, sehingga waktu dan perhatian yang diberikan akan menjadi kurang. Permasalahan dalam penelitian ini, bagaimanakah Peranan Orang Tua Keluarga Pra Sejahtera dalam Pendidikan Anaknya di Kelurahan Kampung Baru Labuhan Ratu Bandar Lampung. Kesimpulan, Orang Tua memiliki peran mengawasi anaknya saat belajar dan memberikan perhatian pada anaknya, terlebih dalam ketersediaan sarana belajar di rumah. Kurang lengkapnya sarana belajar seperti buku-buku, alat-alat tulis, akan mengganggu dan menghambat belajar pada anak.
Kata kunci: keluarga pra sejahtera, orang tua, pendidikan anak, peranan
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimin. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bina Aksara: Jakarta.
BKKBN. 1998. Statistik Kependudukan Indonesia. PT. Remaja Rosda Karya: Jakarta Indonesia.
Mohammad Ali. 1985. Metode Penelitian. Ghalia: Jakarta.
Ngalim Poerwanto. 2005. Guru dan Anak dalam Dunia Pendidikan. Angkasa: Bandung.
Soerjono Soeekanto. 1985. Anak dan Pola Peerlakuannya. PT. BPK Gunung Mulya: Jakarta.
Sutrisno Hadi. 1989. Metodologi Research. Psikologi. UGM. Yogyakarta.
Winarno Surachmad, 1978. Dasar-dasar Metode Riset. Tarsito: Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.