Hubungan Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik SMA Negeri 1 Pagelaran

Alidiya Mei Rini, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


This research was conducted in Senior High School 1 Pagelaran with the purpose was to find out whether or not the relation of self awareness with students learning result of history in grade XI IPS SMA Negeri 1 Pagelaran academic year 2017/2018. The method used survey method, data collected through questionnaires, documentation and literatures. Analysis data used quantitative technique by using Jaspens Coefficient Correlation (M). It is concluded that there is a relation between self awereness with historical learning result, which is positive, the higher self awereness the higher historical learning result.

Penelitian ini di lakukan di SMA N 1 Pagelaran dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kesadaran diri dengan hasil belajar Sejarah peserta didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pagelaran Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan metode survei, teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dengan menggunakan Koefisien Korelasi Jaspens (M). Disimpulkan bahwa ada Hubungan Antara Kesadaran Diri Dengan Hasil Belajar Sejarah, yang bersifat positif yaitu semakin tinggi kesadaran diri semakin tinggi pula hasil belajar sejarah.

Kata kunci : hasil belajar, hubungan, kesadaran diri


Full Text:

PDF

References


Aman. 2011. Model evaluasi . Yogyakarta:Ombak.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandar Wassid dan Dadand Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Margono. 2007. Metodologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2015. Metode Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Humanisasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.