Peran Kamran dalam Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat pada Tahun 1949-1951

Nova Bela Paramitha, Wakidi Wakidi, Syaiful M.

Abstract


The problem of this research was formulated as: what is the role of Kamran in the DI/TII rebellion in West Java in 1949-1951? The purpose of this research is to find out the role of Kamran in the DI/TII rebellion in West Java in 1949-1951. The method used in this research was in form of historical research which stages consisted of Heuristics, Criticism, Interpretation, and Historiography. The results of the research revealed that the role of Kamran in the DI/TII rebellion in West Java included First, Kamran had gathered forces to strengthen his army; second, Kamran led his army against the Siliwangi Division. In conclusion, Kamran had created an impact in the DI/TII rebellion in West Java in 1949 -1951.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah peran Kamran dalam pemberontakan DI/TII di Jawa Barat pada tahun 1949-1951? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Kamran dalam pemberontakan DI/TII di Jawa Barat pada tahun 1949-1951. Metode yang digunakan adalah metode penelitian historis dengan tahapan yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian yang di peroleh adalah peran Kamran dalam pemberontakan DI/TII di Jawa Barat yang pertama Kamran menggalang pasukan untuk memperkuat pasukannya yang kedua Kamran memimpin pasukan perang untuk melawan Divisi Siliwangi, Kamran telah memberikan dampak dalam pemberontakan DI/TII di Jawa Barat pada tahun 1949-1951.

Kata kunci: di/tii, kamran, pemberontakan


Full Text:

PDF

References


Dengel, Holk H. 1995. Darul Islam dan Kartosuwiryo. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Dinas Sejarah Kodam VI Siliwangi. 1979. Siliwangi dari Masa ke Masa. Bandung: Angkasa.

Dinas Sejarah Militer TNI AD. 1979. Sejarah TNI AD 1945-1973 Peranan TNI AD Menegakkan Negara Kesatuan RI. Jilid 2. Bandung: Angkasa.

Disejarahdam Siliwangi. 1979. Siliwangi Dari Masa ke Masa. Edisi 22. Bandung: Angkasa.

Ekajati, Edi S. 1992. Kebudayaan Sunda Jilid I: Kebudayaan Desa, Bandung: Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Pajajaran.

Gie, The Liang. 1993. Pertumbuhan Pemerintahan Daerah di Negara Republik Indonesia. Jilid I. Edisi kedua. Yogyakarta: Liberti.

Kahim, G.Mc Turnan. 1970. Nasionalism and Revolution in Indonesia. Edisi II. Ithica (New York) : Cornell University Press.

Koentjaraningrat.1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta:Gramedia.

Mattew B, Miles dan Michael Hoberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Nawawi, Hadari. 1993. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Notosusanto, Nugroho. 1984. Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer. Jakarta : Inti Idayu Press.

Setawati, Artinur, dkk. 2012. Sejarah Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat danPenumpasanya. Jakarta : Pusat Sejarah TNI.

Sjamsuddin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Pinardi. 1964. Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo. Jakarta: Arya Guna.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.