Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X

Lesi Yusna Meda, Wakidi Wakidi, Syaiful M Syaiful M

Abstract


The problem in this study is the fact that the students learning results was low in History subject. This study aims to find out the influence ofCooperative Learning Model Take and Give Type on students learning results withpopulation of grade X Social Science of Senior High School 1 Pesisir Selatan and the samples were taken with Purposive Sampling. The data collection technique was carried out through observation, documentation and tests. This study used experimental research method with post-test only control group design. The data were analyzed using Etacorrelation formula. The result of the data analysis concluded that there was an influence of take and give learning model on students learning result. This is shown from the results of the data analysis as classified strong category of Eta correlation coefficient of 0.72.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap hasil belajar siswa dengan populasi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pesisir Selatan dan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain postest-only control group design. Data dianalisis menggunakan rumus kolerasi Eta. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data berada pada kategori kuat dengan koefisien korelasi Eta sebesar 0,72.

Kata kunci: hasil belajar, model, pengaruh



Full Text:

PDF

References


Djamrah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti Diknas.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Margono. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Misbahudin dan Hasan, Iqbal. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi Ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Ra-jawali Pers.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Syafaruddin dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quatum Teaching.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.