Hubungan Prestasi Belajar Sejarah dengan Kesadaran Sejarah SMA Negeri 1 Padang Cermin

Agnes Titis Endarliani, Wakidi Wakidi, Maskun Maskun

Abstract


The purpose of this study is to describe the correlation between learning achievement of History subject towards students' historical awareness in grade XII of Senior High School (SHS) Padang Cermin. This study used descriptive survey method. The data analysis technique was done using Jaspen's correlation coefficient (M) and the statistical test coefficient of Jaspen's correlation coefficient (M). The result of the data analysis and the hypothesis testing showed that there was a significant correlation between Learning Achievement of History subject towards students' historical awareness in grade XII SHS 1 Padang Cermin academic year 2016/2017.

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hubungan prestasi belajar sejarah dengan kesadaran sejarah siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Padang Cermin. Metode yang digunakan adalah metode survei deskritif. Teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan korelasi Koefisien Korelasi Jaspens (M) dan Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspens (M). Hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara Prestasi Belajar Sejarah dengan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci: hubungan, kesadaran sejarah, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sejarah untuk Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta : Depdiknas.

Lickona Thomas.1996. Bleven Principles of Effective Charakter Education Journal of Moral Education. 25(1), 93-100 Diakses dari http://www.academia.edu/15183726/PEMBELAJARAN_SEJARAH_DALAM_UPAYA_PEMBANGUNAN_KARAKTER_BANGSA_DAN_KESADARAN_SEJARAH. 26 Agustus 2017, pukul 17.36 WIB

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mendiknas. 2006. No.22 Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah mengenai lima tujuan mata pelajaran sejarah SMA. Jakarta: Mendiknas.

Misbahuddin; Hasan, Iqbal. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sartono Kartodirdjo. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyatno Kartodirdjo. 2000. Teori dan Metodologi Sejarah dalam Aplikasinya, dalam Historika, Nomor.11 Tahun XII. Surakarta: Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta Komis Pemberantasan Korupsi (UNS) Surakarta.

Winata Putra, H. Udin, S. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.