Pengaruh Penjelasan Guru terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah

Agung Aditya Utomo, Ali Imron, Syaiful M

Abstract


The purpose of this study was to determine whether or not the influence of teacher explanation on student's learning on the subject of history. Data collection techniques in this quantitative study were tests, questionnaires, and interviews. This research used pre-experimental research design with pre- experimental One-Shot Case Study design. Data analysis technique tha used was method of quantitative data analysis with hypothesis test using t test. The results showed that tcount = 2.257 is bigger than ttable 2.042 which means that when the teacher explanation is good it will be directly proportional to good student understanding. therefore it can be concluded that there is an influence of teacher explanation to students' understanding.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penjelasan guru terhadap pemahman siswa pada mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif ini ialah tes, angket, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre- eksperimen dengan bentuk desain pre-eksperimen One- Shot Case Study. Teknik analisis data yang di gunakan ialah menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 2,257 lebih besar dari ttabel 2,042 yang berarti ketika penjelasan guru baik maka akan berbanding lurus dengan pemahaman siswa yang baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penjelasan guru terhadap pemahmaan siswa.

Kata Kunci: pemahaman siswa, pengaruh, penjelasan guru


Full Text:

PDF

References


Arikunto. Suharsimi.2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

__________1998 Prosuder Penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta. Rineka Cipta

Anas Sudijono, 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Perada

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Emzir. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Hadi Sutrisno. 1994. Statistika untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta.

Kartini Kartono. 1980. Buku Pengantar metodologi research sosial. Bandung : Alumni.

Margono. 2004. Metodelogi Penelitian pendidikan. Jakarta : PT. Reinka Cipta

Idris. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar Ruzz

Marzuki. 2002. Metodelogi Riset, Yogyakarta: BPFE- UI

Oemar Hamalik,2012. Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subagio, Joko. 2006. Metode penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Saud, Udin Saefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M Chotib. 2008. Teknik Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, M.Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.