Pengaruh Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar IPS Siswa
Abstract
The purpose of this research to know if there was the influence of the media scrapbook of the result cognitive learning students on the subjects off sociall class accounting class XI SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung years lessons 2015/2016. This research uses experimental methods. A conclusion can be drawn that there is the effect on cognitive study result can be seen from the difference of posttest first and for the second 4,58%, and the difference posttest second and third of 10,42%. The difference between the result of this posttest increased students in every meeting.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah ada pengaruh media scrapbookterhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang dapat dilihat dari selisih persentase posttest pertama dan kedua sebesar 4,58%, dan selisih posttest kedua dan ketiga adalah 10,42%. Selisih hasil posttest ini menunjukkan peningkatan siswa dalam setiap pertemuan.
Kata kunci: hasil belajar, media scrapbook, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Anas, Sudijono. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Basri, M. 2011. Dasar-Dasar dan Perancangan Evaluasi Pembelajaran. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Dimyati Jhon, Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta. Kencana.
Eko Putro Widoyoko S. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Hamzah Amir, Suleiman. 1981. Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta. Gramedia.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Ghalia Indonesia.
Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Muhammad Nazir, 1988, Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Nasution. 1996. Manajemen Transportasi. Jakarta. Grafindo Persada.
Nawawi, Hadari. 1991. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
Sudjana, Djuju. 2004. Evaluasi Program Pendidikan ( Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung. Falah Production.
Sugiono.2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta
Sukadi. 2007. Guru Powerful Guru Masa Depan. Bandung. Kolbu
Refbacks
- There are currently no refbacks.