Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Intruction terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Minanti Lilitanti, Wakidi Wakidi, Muhammad Basri

Abstract


The Research purposes this is to know "There is a positive and significant influence between Problem Based Intruction model with critical thinking ability. Research using research design Posttest Only Control Group Design. think krits of the influence of the magnitude of the significant level of influence is 0.42 and significant at 22.65 and through the Spearman correlation test results obtained are 0.362 from the influence of Problem Based Intruction model with ability on subject history class x high school Muhammadiyah 2 Bandar Lampung academic year 2016/2017.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Intruction terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design besarnya taraf signifikan pengaruh yaitu 0,42 dan signifikan yaitu 22,65 dan melalui uji Korelasi Spearman didapat hasil yaitu 0,362 dari pengaruh model pembelajaran Problem Based Intruction terhadap kemampuan berpikir kritis pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci: berpikir kritis, model pembelajaran, problem based instruction


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Latipun. 2002. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.

Margono.2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Misbahudin, Iqbal Hasan, (2013), Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara.

Muh Tawildan Liliasari.2013.Berpikir Kompleks. Makasar: Badan Penerbit Univesitas Negeri Makasar.

Ratumanan. 2002. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar Syofian. 2012. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudaryono. ( 2012:107)Dasar Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha ilmu.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Transito.

Sukardi, M. 2012. Evaliasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugioyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Yunus Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.