Hubungan Antara Media Berbasis Multimedia Linier Dengan Motivasi Belajar Siswa

Martin Reza Chayuda, Syaiful M Syaiful M, Muhammad Basri

Abstract


The goal of this reserch is to find out the positive impact between media based linear multimedia with student learning motivation at the class XI IPS 1 of persada senior high school Bandar Lampung in school year 2015-2016. The research metodologi has been used is experimental research method with true experimental design type. Based on the quantitative analysis data with using product moment formula, it has been obtained with the result H0 was rejected and H1 was accepted, it means that there is positive impact from the media based linear multimedia with the students' learning motivation in the history subject at the class XI IPS 1 of persada senior high school Bandar Lampung in school year 2015-2016.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan yang positif antara media berbasis multimedia linier dengan motivasi belajar siswa Kelas XI IPS 1 SMA Persada Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperiment dengan tipe True experimental design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh hasil yaitu H0 di tolak dan H1 diterima yang artinya ada hubungan yang positif dari media berbasis multimedia linier terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMA Persada Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015-2016.

Kata kunci: media, motivasi belajar, multimedia linier


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Priyanto, 2010. Pendidikan Keteranpilan. Jakarta : Erlangga

Rahayuningrum, Rosalia Hera, 2012. Penggunaan media pembelajaran multimedia interaktiv berbatuan computer untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas viif di SMP Negeri 2 Bantul. Bantul:LSMXIX

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali

Sudijono, Annas.1987. Pengantar Statistik. Jakarta:Rineka Cipta Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali

Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran Edisi Revisi. Bandung: PT. Revika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.