Hubungan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kelas X

Antonius Joko Wardoyo, Maskun Maskun, Suparman Arif

Abstract


This research was aimed to determine whether there is a positive and significant relationship between learning habits and history learning achievement of class X students in SMA Negeri 1 Tegineneng in period of 2016/2017. The method used in this research was survey method. Data analysis technique used was quantitative data. Analysis technique was done by using pearson product moment correlation and t-arithmetic. The result of this reseacrh showed that there is a positive and significant relationship between learning habits and history learning achievement of class X student in SMA Negeri 1 Tegineneng in period of 2016/2017.

Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar sejarah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tegineneng Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode survei. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment dan t-hitung. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tegineneng Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci: hubungan, kebiasaan belajar, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, abu dan Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Capta.

Iskandar. 2008.Metodologi Penelitian Pendidikan & Sosial. Jakarta: GP press.

Muhidin, Sambas Ali. 2011. Dasar dasar Metode Statistika untuk Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Poerbakawatja, Soeganda & Harahap. 1981. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta:Gunung Agung.

Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung:Alfabeta.

Rifa?i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang:Unnes Press.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sudjiono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan Jakarta:RajaGrafindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.