Penerapan Metode Pembelajaran Instruksi Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah

Ardika Kuntadi, Tontowi Amsia, Syaiful M

Abstract


The purpose of this research was to find out the application of problem based instructional method can increase the student's interest on Learning History in Class XI at SMK Negeri 1 South Rawa Jitu. The population of the research was all students XI Class at SMK Negeri 1 South Rawa Jitu and the sample of the research was the students of XI APK 1. The method which used in this research is experimental method with One Shot Case Study type. The data analysis technique was used by descriptive statistical. The results obtained a score of 87 with a high index of 80-100 and the result of the questionnaire obtained 19 students of high interest from 20 student. The conclusion was the application of problem based instructional learning method can increase the interest on Learning History in class XI at SMK Negeri 1 South Rawa Jitu.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode instruksi berbasis masalah dapat meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di SMK Negeri 1 Rawa Jitu Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Rawa Jitu Selatan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI APK 1. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen tipe One Shot Case Study. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriftif. Hasilnya lembar observer diperoleh skor 87 dengan hasil tinggi indeks 80 100 dan hubunganya hasil angket diperoleh 19 siswa minat tinggi dari 20 siswa. Kesimpulannya bahwa penerapan metode pembelajaran instruksi berbasis masalah dapat meningkatkan minat belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMK Negeri 1 Rawa Jitu Selatan.

Kata kunci: instruksi berbasis masalah,minat belajar, sejarah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Misbahuddin, dan Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi aksara.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Riyanto. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabetha.

Trianto. 2009. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Whitcombe, S. W. 2013. Developing Skills Of Problem-Based Learning Cardiff University. International Journal of Continuing Education and Ufelong Learni. Diakses dari http://content.ebscohost.com/pdf29_30/pdf/2013/AXT5/01May13/88839186.pdf?T=P&P=AN&K=88839186&S=R&D=ehh&EbscoContent=dGJyMNXb4kSep7A4y9fwOLCmr0yep7RSsKe4SLKWxWXS&ContentCustomer=dGJyMOzprkixrrFIuePfgeyx44Dt6fIA pada minggu 3 januari 2016 16.28WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.