Penerapan Model Kooperatif Teknik Round Table untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa

Fifi Noviasari, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The aim of this research to shown there is or Not, Increasing of study Motivation on subject history In Students XI IPS SMA Negeri 1 Punggur on Academic Year 2016/2017 after used to cooperative Round Table Technique model. The Methodology, which used to in this research is experiment with the one-shot case Study Design. The data collecting by questionnaire. The collected data be processed by Percentage Formula. The result of data analysis showed there is increase the motivations of students after used to the cooperative round table technique model.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Ada atau tidak ada peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah menggunakan model Kooperatif Teknik Round Table. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain The One-Shot Case Study. Pengumpulan data dilakukan dengana angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah secara manual menggunakan rumus persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar sejarah siswa setelah menggunakan model Kooperatif Teknik Round Table.

Kata kunci: motivasi, penerapan, round table


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto,Suharimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rienka

Barkly dan Eliszabert. 2012. Collaboratife Learning Teachniques. Nusa Media.

Basrowi dan Soeyono. 2007.Metode Analisis Data Sosial.Kediri: CV Jenggala Pustaka Utama.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif : Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta : Rineka Cipta.

Elida Priyatno. 1989. motivasi dalam belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanifah Harsono. 2002. Konsep Penerapan Kurikulum 2013.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Leo Agung dan Nunuk Suryanu. 2012. Strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Lorin dan David R. Karthwohl. 2008. Konsep Penerapan Kurikulum. Bandung: Alfabeta.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Priyatno. 1989. motivasi dalam belajar.Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Riduwan. 2008. Dasar-Dasar Statistika,Bandung: Alfabeta.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R

Sumantri. 2015. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR.

Solihatin, Etin dan Raharjo.2008. Cooperative Learning. Analisis Model Pembelajaran IPA.

Uno.B.Hamzah.2008.Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.