Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Kognitif
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sungkai Jaya Lampung Utara dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar kognitif. Sampel penelitian ini purposive sampling ialah 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol dari kelas X sebagai populasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain postest only control. Data diolah menggunakan rumus kolerasi Eta (n). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar kognitif berada pada kategori sangat kuat dengan koefisien korelasi Eta (n) sebesar 0,9.
Kata kunci: cooperative script, hasil belajar kognitif, pembelajaran sejarahFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Guilford, J. P. 2003. Psychometric Methods And Edit. Newyork: Mc Graw-Hill.
Koentjaraningrat. 1993. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nawawi, Hadari. 1993. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrument Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2015. Cara Mudah Belajar Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, Hadi. 2007. Metodologi Research. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Grup.
Refbacks
- There are currently no refbacks.