Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract
This study aims to determine whether there is a significant positive influence of Group Investigation Cooperative Learning Model towards Student Learning Motivation. This research uses descriptive method with quantitative data analysis. The populations of this study are 140 students and samples are 56 students. Based on the results of the test using theta test obtained value of 0.4795 and kai square formula obtained X2 = 19,38 and Xtabel = 9,488 with a significant level of 0.05, gives the meaning that there is a significant positive influence of Group Investigation Cooperative Learning Model towards Student Learning Motivation.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 140 siswa dan sampel 56 siswa. Berdasarkan hasil hitung menggunakan uji theta didapat nilai sebesar 0,4795 dan rumus kai kuadrat di peroleh X2 =19,38 dan Xtabel= 9,488 dengan taraf signifikan sebesar 0,05, memberikan arti bahwa ada pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap motivasi belajar siswa.
Kata kunci: group investigation, motivasi belajar, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta: Dikti.
Misbahuddin Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Riduwan. 2004. Metode Dan Teknik Menyusun Tesis, cetakan pertama. Bandung: Alfabeta.
Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta: Depdinas PPPG Matematika.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2001. Statistik Non Parametris Untuk Penelitian, cetakan 2. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.
Sugiyono . 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Triyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Yokyakarta : Ombak api (anggota IKAPI).
Refbacks
- There are currently no refbacks.