Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk (GW) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Bandar Lampung dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Gallery Walk (GW) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Sampel penelitian ini diambil undian secara acak ialah 31 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol dari kelas VIII sebagai populasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain postest-only control. Data diolah menggunakan rumus kolerasi Eta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Gallery Walk (GW) terhadap hasil belajar kognitif siswa berada pada kategori sangat kuat dengan koefisien korelasi Eta sebesar 0,9.
Kata Kunci : gallery walk, hasil belajar kognitif, pengaruh.Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Djamrah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti Diknas.
Hasbullah. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.
Kahayun. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 3 Di SMA N 1 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Pendidikan IPS. Universitas Lampung.
Misbahudin dan Hasan, Iqbal. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi Ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.
S, Margono. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Subroto, Suryo. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wassid, Iskandar dan Sunendar, Dadand. 2011. Strategi Pem belajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.