EFEKTIVITAS PENERAPAN REMEDIAL TEACHING DALAM MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SEJARAH

Taufiq Indra Setiawan, Tontowi Tontowi, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this study is to determine the effectiveness of learning outcomes of the implementation of Remedial Teaching on the Subject of History Class X IIS in SMA Persada Bandar Lampung in 2016/2017 with samples X IIS I class as the experiment class and X IIS II class as the control class from X IIS class as population. Techniques of collecting data were in the form of observation, documentation, literature, tests and questionnaires. Based on the experimental class the research results is with an average value of 77.36. In the control class with an average value of 53.53. Based on the results of the questionnaire score with an average of 80.71%, it can be concluded the application of Remedial Teaching is effective in achieving mastery of historical learning outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas hasil belajar penerapan Remedial Teaching pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IIS di SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan sampel kelas X IIS I sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS II sebagai kelas kontrol dari kelas X IIS sebagai populasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, kepustakaan, tes dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 77,36. Pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 53,53. Berdasarkan hasil dari skor kuesioner dengan rata-rata 80,71%, dapat disimpulkan penerapan Remedial Teaching efektif dalam mencapai ketuntasan hasil belajar sejarah.

Kata kunci: efektifitas, hasil belajar, remedial teaching, siswa


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara

Koentjaraningrat. 1983. Ciri-ciri Kehidupan Masyarakat Pedesaan di Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Mulyadi, 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar, Yogyakarta: Nuha Litera

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta

Sutikno, Sobry. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran, Lombok: Holistica

Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta

Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remidial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.