PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA
Abstract
This research is aimed at finding out the positive and significant influence of Student Teams Achievement Division learning model towards students motivation in learning IPS of the eighth grade at Junior High School Muhammadiyah 1 Metro City in the academic year of 2015/2016. This research is descriptive quantitative research. Theta and Chi Square were used to analyze the data. The result of the research demonstrated that there was positive influence with coefficient correlation value 0.5225 which meant that the influence was in modest level and could be interpreted that the more Student Teams Achievement Division learning model was used, the better students motivation of IPS was. Then, the obtained significant value was 7.295 which meant that Student Teams Achievement Division learning model was dependable and reliable to increase IPS students motivation.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Metro Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji theta dan kai kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,5225 yang memiliki arti cukup berarti atau sedang dengan interpretasi semakin sering model Student Teams Achievement Division digunakan, maka motivasi belajar IPS siswa akan semakin baik dan nilai signifikan yang diperoleh adalah sebesar 7,295 sehingga dapat diartikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat dipercaya dan dihandalkan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa.
Kata kunci : belajar, motivasi, student teams achievement division
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamdayama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.
Ibnu Hadjar. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Siregar, Sofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta. PT Bumi Aksara.
UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta : Depdiknas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.