PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of positive and significant Brainstorming by medium visual as a medium of learning the history of the cognitive achievement of students in class X in SMA Negeri 1 Sukoharjo. The method used is the type of experimental research methods Posttest-Only Control Group Design. Based on the analysis of quantitative data using the formula Eta obtained yield was 0,44 so there is a significant positive effect, by calculating the average posttest with a test formula F obtained yield was 10,73 significant meaning, since F count> F table = 4,08.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan Brainstorming dengan media visual pada pembelajaran sejarah terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sukoharjo.Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen tipe Posttest-Only Control Group Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Eta diperoleh hasil sebesar 0,44 jadi ada pengaruh positif yang cukup berarti, dengan menghitung rata-rata Posttest dengan rumus uji F diperoleh hasil sebesar 10,73 artinya signifikan, karena Fhitung> Ftabel = 4,08.
Kata kunci: brainstorming, media visual, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Ibnu Hadjar. 1999. Dasar Dasar Metodelogi Penelitian Kwantitatif dalamPendidikan . Jakarta:P.T. Raja Grafindo Persada.
Misbahudin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Roestiyah N.K. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana.2005.Metoda Statistika.Bandung:Tarsito.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar MengajarJakarta : Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.