PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SEJARAH

Putri Pandan Wangi, Iskandar Syah, Muhammad Basri

Abstract


The objective of this research was to find out the influence of Think Pair Share cooperative learning model towards students cognitive learning outcomes class XI SMA Negeri 1 Pagelaran. The method which used in this research was true experimental method with posttest only control group design.The data was collected with multipe choice questions. Then, the collected data was processed manually by using t-test formula with a result t-hitung = 2,42 > t-tabel = 2,003. The result shows that there was influence of think pair share cooperative learning model towards cognitive learning outcomes.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Pagelaran. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan jenis posstest only control group design. Alat pengumpul data adalah soal pilihan ganda. Data yang telah terkumpul selanjutnya dioleh secara manual dengan rumus uji-t dengan hasil t-hitung = 2,42 > t-tabel = 2,003. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadp hasil belajar kognitif.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, think pair share


Full Text:

PDF

References


Ibrahim. Dkk .2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.

Jihad Asep dan Haris Abdul.2012. Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta : Multi Pressindo.

Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Slavin. E .Robert. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Slameto. 2003. Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Pembelajaran Inovatif Beriorentasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana.

Zain dan Badudu. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia . Jakarta : Pusat Bahasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.