HUBUNGAN ANTARA HASIL TES IQ (INTELLIGENCE QUOTIENT) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Anis Fitriana, Ali Imron, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this researchis to determine the correlation of Intelligence Quotient test outcome and students learning achievement in X IPS class of SMA N 1 Way Jepara. The methodology used in this research was non-experiment quantitative methodology and correlation analysis as the formula. Based on the results of the research with the value x2calculated (4,01)<?2(0,05)(3) and it can be concluded that there was not correlation of Intelligence Quotient test outcome and students learning achievement. The relationship formed between the result of intelligence quotient test with learning achievement was low relationship but surely.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keeratan hubungan antara hasil tes IQ dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS di SMA N 1 Way Jepara. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuntitatif non-eksperimen dan pendekatan analisis statistikya menggunakan analisis korelasional. Berdasarkan hasil penelitian dengan nilai ?2hitung (4,01) < ?2(0,05)(3) dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang erat antara hasil tes IQ dengan prestasi belajar siswa. Hubungan yang terbentuk antara hasil tes IQ dengan prestasi belajar yakni hubungan yang rendah atau lemah tapi pasti.

Kata kunci: hasil tes iq, hubungan, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu & Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Budiningsih, Asri C. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Imas, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Kusuma, Widjaja. 1987. Psikotes Jilid 2. Jakarta: Tim Penerbit

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta; Rineka Cipta

Misbahuddin & Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Akksara

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2010. Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi, D. Ketut. 1997. Analisis Tes Psikologi. Jakarta: Rineka Cipta

Sukmadinata, Nana S. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Zubaidi, Ahmad. 2009. Tes Inteligensi. Jakarta: Mitra Wacana Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.