PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The objectives of this research was to find out the significant influence of learning activity in problem based instruction learning model towards students history learning outcomes class X IPS SMAN 1 Kota Gajah. The research was quantitative research with the experimental methods. The results of the study showed that there was significant influence of learning activity in problem based instruction learning model towards students learning outcomes with the significant result 0.47 categorized as enough.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Kota Gajah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa dengan besarnya taraf signifikan 0,47. termasuk ke dalam kategori cukup.
Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran, problem based instruction
Full Text:
PDFReferences
Arends dalam Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: prenada media group
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinika Cipta
Arikunto.2012.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto.2007. Menejemen. Penelitian. Jakarta: Rinika Cipta
Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Musa, Nurfitri.1988. Metodologi Penelitian. Jakarta :Fajar Agung
Oemar Hamalik. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara Rineke Cipta
Oemar Hamalik. 2007. Dasar-dasar pegembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Siregar Syofian. 2012. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta.
Sudjana. 2005.Metoda Statistika. Bandung: Transito
Suryanto. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo. Masmedia Buana Pustaka
Refbacks
- There are currently no refbacks.