PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SEJARAH
Abstract
The purpose of this research is to determine the effect of think pair share coopertive learning model to cognitive study result of students in class XI SMA Negeri 1 Pagelaran. The method used to this research is true experimental design with kind of posttest only control group design. The collected data was processed using t-test with a result thitung = 2,42 > ttabel = 2,003.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pagelaran. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan jenis posstest only control group design. Data yang telah terkumpul diolah menggunakan rumus uji-t diperoleh hasil thitung = 2,42 > ttabel = 2.003.
Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, think pair shareFull Text:
PDFReferences
Ibrahim. Dkk .2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.
Jihad Asep dan Haris Abdul.2012. Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta : Multi Pressindo.
Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Slavin. E .Robert. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Pembelajaran Inovatif Beriorentasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana.
Zain dan Badudu. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia . Jakarta : Pusat Bahasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.