PENGARUH POWERPOINT DENGAN VISUAL BASIC APPLICATIONS (VBA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

Erwin Fathoni, Syaiful M, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of positive and significant Powerpoint with Visual Basic Applications (VBA) as a medium of learning the history of the cognitive achievement of students in class XI IPS in SMA Negeri 1 Sidomulyo. The method used is the type of experimental research methods Posttest-Only Control Group Design. Based on the analysis of quantitative data using the formula Eta obtained yield was 0,53 so there is a significant positive effect, by calculating the average posttest with a test formula F obtained yield was 42,47 significant meaning, since F count> F table = 3,84.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan Powerpoint dengan Visual Basic Applications (VBA) sebagai media pada pembelajaran sejarah terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sidomulyo. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen tipe Posttest-Only Control Group Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Eta diperoleh hasil sebesar 0,53 jadi ada pengaruh positif yang cukup berarti, dengan menghitung rata-rata Posttest dengan rumus uji F diperoleh hasil sebesar 42,47 artinya signifikan, karena Fhitung> Ftabel = 3,84.

Kata kunci: media pembelajaran, pengaruh, powerpoint


Full Text:

PDF

References


Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya

Misbahudin dan Iqbal Hasan. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik 2005. Proses belajar mengajar. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.