PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA JALUR REGULER DAN BINA LINGKUNGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar IPS siswa jalur reguler dan Bina Lingkungan Semester Ganjil kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif. Data yang telah terkumpul, yaitu data hasil belajar ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester diolah menggunakan rumus komparatif t-test dua sampel dengan hasil yaitu thitung = 2,75 > ttabel = 1,69 sehingga diketahui bahwa terdapat perbedaan cukup besar antara hasil belajar IPS yang dicapai oleh siswa jalur reguler dan bina lingkungan.
Kata kunci: bina lingkungan, hasil belajar, reguler
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung. 2015. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK Kota Bandar Lampung Tahun 2015. Bandar Lampung: Dinas Pendidikan.
Hamalik. 2007. Dasar-dasar. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Misbahudin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Soekanto, Soejono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana.2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.