PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Sri Umiyati, Wakidi Wakidi, Suparman Arif

Abstract


This study aimed to find out whether there is any effect and how much the significance level of effect of The Power of Two models to the cognitive learning achievement of students on social studies at the VIII B class of SMP Sejahtera Bandar Lampung in academic year 2015/2016. This study used experiment research method with the type of one group pretest posttest design. Based on the analysis of quantitative data using the t test, it can be concluded that there is a significant effect and most of the effect from model of The Power of Two that is 0.61 when incorporated into the interpretation of significant correlations were high.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model The Power of Two terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran IPS kelas VIIIB SMP Sejahtera Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan tipe One Group Pretest Posttest Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan Besarnya pengaruh yang diberikan model The Power of Two sebesar 0,61 yang jika dimasukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kategori tinggi signifikan.

Kata kunci: hasil belajar kognitif, model pembelajaran, the power of two

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2000. Metode Penelitian Untuk Ilmu-ilmu Perilaku. Jakarta: Bumi Aksara.

Darwis, Djamaluddin. 1998. Metode Belajar Mengajar, dalam Abdul Muti (eds), PBM-PAI Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan scientific dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Muhadjir, Noeng. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rake Sarasin

Nasution, S. 1996. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Suardi, Edi. 1980. Dalam Interaksi dan Motivasi. Jakarta. Gramedia Cipta.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito

Sudjana, Nana . 2004. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B . 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, H. dan Akbar, P. S. 2008. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zaini Hisyam, dkk. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.