PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA

Putri Chairia, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there was a significant effect and how much the significant effect of Time Token to Increase Motivation in history studies class X8 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono in academic year 2014/2015. This study used quantitative data analysis to test the hypothesis using paired samplest test. Based on the analysis of quantitative data, it could be concluded that there is asignificant influence and of the effect of the model significant level of Time Token is at 0, 72 which means enough.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah siswa kelas X8 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t paired samples tes. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Time Token adalah sebesar 0, 72 yang berarti cukup.

Kata kunci: model pembelajaran, motivasi belajar, time token


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model Model, Media, dan strategi pembeljaran kontekstual (Inovatif): Bandung, Rama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Husaini Usman, Purnomo Setiady Akbar. 2008. Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iskandar Wassid dan Dadand Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kurniasih, Imas, Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Pramesti, Getut. 2014. Kupas Tuntas Data Penelitian Dengan SPSS Jakarta: Elex Media Komputindo

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rieneka Cipta

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.