PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA

Shinta Anggraini, Syaiful M, M. Basri

Abstract


This study aimed to determine whether there was any influence and how great significance level of influence of Problem Based Learning (PBL) model to increase cognitive history achievement of XI IPS 3 students at SMA N 1 Way Tenong in the academic year 2014/2015. This study used experiment with the type of one group pretest posttest design. Based on the analysis of quantitative data using paired test, it could be concluded that there was a significant influence and the amount of influence given of Problem Based Learning (PBL) model is 0. 46 which if it is put into an interpretation of the correlations, it was included into the category of quite significant.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan tipe One Group Pretest Posttest Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhyang signifikan dan Besarnya pengaruh yang diberikan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 0,46 yang jika di masukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kategori cukup signifikan.

Kata kunci: hasil belajar kognitif, model pembelajaran, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT BumiAksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2009. Panduan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Publisher.

Djamara, S. B. dan Zein, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Masidjo. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2009. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyanto. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian pendidikan. Bandung:. Alfabeta.

Suryabrata, S. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutirman. 2013. Media Dan Model Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syah Muhibbin, 2006. Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafinda Persada.

Usman, H. dan Akbar, P. S. 2008. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.