PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

Lusia Dwi Indriati, Maskun Maskun, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there is a significant effect of Project Based Learning model on the cognitive learning achievement of class VII SMP Negeri 7 Blambangan Umpu Way Kanan in Academic Year 2014/2015. The research used experimental method with pretest-posttest control group design. Based on the analysis of quantitative data, it can be concluded that there is a significant influence of the effect of the application of the model with the significance level of Project Based Learning is at 11,82.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikansi pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 7 Blambangan Umpu Way Kanan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh model Project Based Learning adalah sebesar 11,82.

Kata kunci: hasil belajar, kognitif, project based learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2013. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan. 2013. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja.

Ridwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 1983. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Suryabrata. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.