PENGGUNAAN STRATEGI ETH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PELAJARAN IPS SISWA

Nova Indahyani, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there is any increasly in cognitive learning strategy of Everyone is a Teacher Here on IPS subjects at students off class VIII in SMP N 9 Metro. This research used experimental method with The One-Shout Case Study design. Based on the results of data analysis and discussion, it can be concluded that there is an increase in cognitive learning outcomes of students after using learning strategy of Everyone is a Teacher Here seen of the number of students whose value above.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here pada Mata Pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP N 9 Metro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian The One-Shout Case Study. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat di simpulkan ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here yang di lihat dari jumlah siswa yang nilainya di atas KKM.

Kata kunci: eth, hasil belajar kognitif, strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaifull Bahri dan Aswan Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jihad Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Roestiyah. 1986. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2013. Evaluasi Hasil Belajar Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman Nurdin.2002.Implementasi Berbasis Kurikulum.Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini Hisyam, dkk.2004.Strategi PembelajaranAktif.Yogyakarta: Aksara Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.