PENGARUH MODEL SAVI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH

Lilis Suryana, Maskun Maskun, Suparman Arif

Abstract


The aim of the research was to know whether there is any significant influence and how much the level of significance influence of Somatic Visual Auditory Intellectual (SAVI) learning model against the interest of students in learning the history of class XI IPS SMAN 2 Metro Academic Year 2014/2015. The method used is an experimental method with quantitative data analysis techniques. Based on the results of data analysis, it was known that the t test value Ttabel> Thitung indicates that there is a significant influence. While the r value of 0.638 indicates the significance level ofinfluence of Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) learning model against the students' learning interest is strong

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besar taraf signifikansi pengaruh model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil uji t nilai Ttabel>Thitung menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, sedangkan nilai r sebesar 0,638 menunjukkan taraf signifikansi pengaruh model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) terhadap minat belajar siswa adalah kuat.

Kata kunci: minat belajar, model pembelajaran, savi


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Baumfield, Vivienne. 2009. Action Research di Ruang Kelas. Jakarta: Indeks.

Hadi, Sutrisno. 2004. Analisis regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Isjoni. 2007. Pembelajaran sejarah pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Loekmono, JT. 1985. Bimbingan bagi Anak Remaja yang bermasalah. Jakarta: CV. Rajawali.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.