PENGARUH MODEL TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PELAJARAN SEJARAH SISWA

Anggun Puspawati, Maskun Maskun, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there is any significant effect and how much the significant standard effect of Team Quiz model on the learning result of cognitive part to historical study of students class X.1 in SMA Bina Mulya Bandar Lampung in academic year 2015/2016. This research used experimental method with One-group pretest-posttest design. Based on the data analysis in quantitative, it can be concluded that there is a significant effect and the significant standard effect of the application of the model significance level of Team Quiz is at 0.67, which means high.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar ranah kognitif pada Pelajaran Sejarah siswa kelas X.1 di SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One-group pretest-posttest design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh penerapan model Team Quiz adalah sebesar 0,67, yang berarti tinggi.

Kata kunci: hasil belajar ranah kognitif, model pembelajaran, team quiz

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : pusat Bahasa.

Djamara, Syaifull Bahri dan Asswan Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurul Aini. 2013. Penggunaan Metode Team Quis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidayah Miftahul Huda Desa Juwet Kecamatan Ngrongggot Kabupaten Nganjuk. Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

Siberman, Melvin L. 2014. Active Learning. Bandung : Nuansa Cendikia.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.

Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.