PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

Resi Irmayati, Ali Imron, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there is a significant effect fand how much the significant effect the effect of Think Talk Write (TTW) model on the cognitive achievement of students in social studies class VIII SMP AL-Azhar 3 Bandar Lampung in academic year 2014/2015. This research used experimental method with pretest-posttest control group design. Based on the analysis of quantitative data, it can be concluded that there is significant influence and magnitude of the effect of the application of the model significance level of Think Talk Write (TTW) is at 0.51, which means enough.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMP AL-AZHAR 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh penerapan model Think Talk Write (TTW) adalah sebesar 0,51 yang berarti cukup.

Kata kunci: hasil belajar kognitif, model pembelajaran, think talk write (ttw)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Soekamto, Toeti & Udin Saripudin Winata Putra. 1995. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarata : Pusat Antar Universitas.

Sudjana.2004.Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosda.

Sudjana.2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito Bandung.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.