PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA
Abstract
The objectives of this research were to determine the significant influence of Discovery Learning model in learning activities to increase students motivation and to determine the level of significant influence of DL learning model against students motivation to IPS learning of class VII. This research used quantitative data analysis techniques to test the hypotheses of normality and data analysis test used t paired samples test. Based on the analysis of data in quantitative model, Discovery Learning affected to the increasing in students' motivation in IPS learning of class VII SMPN 2 Abung Tinggi. Significant level of this model was shown in the results of determination of the levels of 0,98, which means very strong.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning dalam kegiatan pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui tingkat signifikan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji hipotesis normalitas dan uji analisis data menggunakan uji t paired samples test. Berdasarkan hasil analisis data secara kuantitatif model ini berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 2 Abung Tinggi. Taraf signifikan model ini ditunjukkan dalam hasil penelitian kadar determinasi sebesar 0,98 yang berarti sangat kuat.
Kata kunci : model pembelajaran, motivasi belajar, pengaruhFull Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
A. M., Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
A., M., Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional (2003), Undang-Undang No.20 tahun 2003tentang sistem pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2006.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hugiono, Poerwantana. 1987. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, Toeti & Udin Saripudin Winata Putra. 1995. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta : Pusat Antar Universitas.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian pedidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.