PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Meliyan Rinja Mustika, Syaiful M, Muhammad Basri

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there is a significant effect and how much the significance level of the influence of documentary media utilization on the magnitude learning outcomes of Class VIII students at SMPN 1 Buay Bahuga Way Kanan school year 2014/2015. The method used was quantitative with a quasi-experimental design. Based on the analysis of quantitative data can be concluded that there is significant influence and the amount of the significance level of documentary media utilization effect is equal to 0.481.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh pemanfaatan media film dokumenter terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VIII di SMPN 1 Buay Bahuga Way Kanan tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh pemanfaatan media film documenter adalah sebesar 0,481.

Kata kunci: film, hasil belajar kognitif, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhasimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi.2011.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar.2013.Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Pendidikan Edukatif. Jakarta: Grafika.

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Misbahudin dkk,2013.Analisis Data Penelitian Dengan Statistik.Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina.2013.Penelitian Pendidikan:Jenis, Metode, dan Prosedur.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Siregar, Sofyan.2013.Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana.2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah. 2007. Perencanaan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.