PENGARUH MODEL MURDER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS VII A SMPN 3 TUMIJAJAR TA. 2014/2015

Aimba Wati, Saiful M, Muhammad Basri

Abstract


The aim of this research was to find out the significant influence of MURDER (Mood,Understand, Recall, Digest, Expand, Review) learning model to the increasing of student learning motivation in seventh A class SMP N 3 Tumijajar in the academic year of 2014/2015. This study used experimental method, and the data analysis technique used descriptive quantitative by using paired t test. The data collective techniques were questionnaire, observation, and documentation. The result of the research stastically showed by the value of sig=0,00, means that there was a significant difference on student learning motivation between MURDER model on pre test and post test. It showed that MURDER learning model gives an influence in increasing the students motivation of social studies in Seventh A class SMP N 3 Tumijajar. The influence percentation is 51 %, and the rest is 46,9% caused by another unresearch factors.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Riview) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan paired t test.Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan secara statistik diperoleh nilai Sig.=0,000, artinya terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikansi pada saat pre test dan post test menggunakan model MURDER, artinya model pembelajaran MURDER berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar. Besarnya pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap motivasi belajar pada Mata Pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 3 Tumijajar adalah 51,1% sedangkan sisanya 46,9% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata kunci: model pembelajaran, motivasi belajar, pelajaran ips

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Jauhari, Heri. 2010. Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi. Bandung : CV PUSTAKA SETIA

Johnson, David W, Johnson, Roger T. dan Holubec, Edythe Johnson. 2012. Colaborative Learning Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama : Bandung

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.