PENGARUH AKTIVITAS BERMAIN MENGGUNAKAN PLAYDOUGH TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK

Sira Difatiguna, Maman Surahman, Riswanti Rini

Abstract


The research problem was children low fine motoric skill aged 4-5 years old in Dharma Wanita Kindergarten Kecamatan Pesisir Utara Kabupaten Pesisir barat. This study aimed to determine the influence of play activities by using playdough toward children fine motoric skills. The study was using Pre-Experimental method with One Group Pretest-Posttest design. The sampling technique used was saturated sampling. Data were collected by observation and documentation. Data were analyzed by using cross tables and simple linear regression analysis. The study results showed that there was an influenced between play activity by using playdough toward fine motoric skills. It was evidenced by the increasing of 4-5 years old children fine motor skill in Dharma Wanita Kindergarten, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Peisisir Barat, as much as 4 to 5 per meeting improvement indicators.

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Kecamatan Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain menggunakan playdough terhadap kemampuan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain One Grup Pretest-Posttes. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi atau pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data silang dan analisis uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara aktivitas bermain menggunakan playdough terhadap kemampuan motorik halus anak, dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Kecamatan Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat sebanyak 4-5 capain indikator setiap pertemuan.

Kata kunci : aktivitas bermain, playdough,kemampuan motorik halus.


References


Atih, F. 2013. Implementasi Playdough Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus {Skripsi}. Bandung : UPI

Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Haryani, C. 2014. Penerapan Metode Bermain Dengan Media Playdough Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. {Skripsi}. Bengkulu : Universitas Bengkulu

Sugiyono. 2014. Statistik untuk Peneliti. Bandung : Alfabeta

Sujiono,Y. Bambang. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT Indek

Sujiono, B. 2009. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas Terbuka:

Sumantri. 2005. Model Pengembangan keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta : Depdikbud

Yuni Muning, A. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Bermain Playdough Pada Kelompok A di TK ABA Marangan Kabupaten Sleman.{Skripsi}. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats