PENGARUH PERMAINAN ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA USIA 4-5 TAHUN

Septa Setia Sari, Maman Surahman, Riswanti Rini

Abstract


The main problem of this research was the low of counting ability in early childhood. The research aimed to investigate the influence of numbers games toward children early counting ability aged 4-5 years at Al-Azhar 1 kindergarten Bandar Lampung. The method used in the research was pre-experimental design, because there were still some external variable which had an effect in making the dependent variable. The subject of the reasearch were all of B2 class student in Al- Azhar 1 kindergarten Bandar Lampung which consisted of 30 children. Data were collected by observation and documentation. The result showed that there was an improvement of early counting ability in numbers games activity. Therefore, there was an influence of numbers games activity toward children early counting ability.

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan dalam pembelajaran berhitung permulaan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan angka terhadap kemampuan berhitung permulaan pada usia 4-5 tahun di Tk Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design, karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B2 Tk Al-Azhar 1 Bandar Lampung yang berjumlah 30 anak. Teknik yang digunakan untuk alat pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan dalam menggunakan permainan angka. Dengan demikian,ada pengaruh permainan angka terhadap kemampuan berhitung permulaan.

Kata Kunci: permainan angka, berhitung permulaan, anak usia dini.


References


Munandar, U. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mutiah, D. 2010. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Dasar. 2003. Peraturan Pemerintah No. 20 Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Susanto. A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Tedjasaputra. M. S. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats