HUBUNGAN PERMAINAN TRADISIONAL DENGAN PENGEMBANGAN KECERDASAN JAMAK LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 4-5
Abstract
Problem in this research was children mathematical intelligence that still undeveloped in class A PAUD Serasi Mawar Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine the correlation between traditional games with children plural intelligence development on logical mathematic. This research used quantitative method with correlational approach. The Samples of this research were all student in class A, which were 18 children. Data were analyzed by using spearman rank correlation. It was obtained the average value of Y variables by 80% within the criteria of developing was very good and the average value of X variables by 74% within the criteria of developing was suit to the expectation. The result showed that traditional games contributed 47% of children mathematical intelligence development. Therefore, traditional games has a correlation toward development of children mathematical intelligence.
Masalah pada penelitian ini adalah kecerdasan logika matematika anak yang masih rendah pada kelas A Paud Serasi Mawar Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan permainan tradisional dengan pengembangan kecerdasan jamak logika matematika anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 18 orang siswa yaitu seluruh siswa pada kelas A. analisis data menggunakan jenis korelasi spearman rank yang diperoleh nilai rata-rata pada variabel Y sebesar 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik, dan rata-rata pada variabel X sebesar 74% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk hubungan permainan tradisional adalah sebesar 47% dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan hal itu maka permainan tradisional mempunyai hubungan dengan pengembangan kecerdasan logika matematika anak.
Kata kunci: permainan tradisional, logika matematika, kecerdasan jamak, anak usia dini
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, S. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Kencana.
Depdiknas. 2014. Pedoman Penilaian Pembelajaran Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Fadhillah. 2014. Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Morrison, G. S. 2008. Dasardasar Pendidikan Anak Usia Dini. diterjemahkan oleh Suci Romadhona. Jakarta: PT Indeks.
Nova, R. 2012. Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Permainan Berhitung Menggunakan Papan Telur Di Tk Aisyiyah 7 Duri. (online). (ejournal.fip.unp.ac.id/index.php/paud. diakses pada tanggal 15 Januari 2015).
Sriningsih, N. 2009. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Sugiyono. 2011(b). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N. 2009. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Yaumi, M. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Kencana.
Zumailatul, M. 2014. Pengaruh Permainan Tradisional Angklek Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A Tk Dharma Wanita Persatuan Kemangi Gresik. (online). (ejournal.unesa.ac.id diakses pada tanggal 12 Januari 2015).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.