Analisis Tehnik Modeling Sebagai Interprosisi Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Di Ra Al-Marzukiyah

Muhibbin Muhibbin, Rokyal Hardjanty

Abstract


Teknik pemodelan sebagai interpresi dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik pemodelan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak-anak di RA AL-Marzukiyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa nilai-nilai agama yang ditanamkan pada anak-anak di RA AL-Marzukiyah terkait rukun iman, rukun Islam, nama-nama indah, mengenal Tuhan, kisah 25 Nabi tata cara berwudhu, sholat dan membaca ayat pendek sholat sebelum dan sesudah makan, keluar masuk kamar mandi, tidur dan bangun, keluar masuk masjid sholat kedua orang tua dan kebaikan akhirat, sholat Khatamul Qur'an dan lain-lain, sedangkan untuk teknik pemodelan dalam menanamkan nilai-nilai agama guru menggunakan tiga jenis teknik pemodelan yaitu teknik pemodelan langsung, simbolik dan ganda dan sedangkan proses penerapan teknik pemodelan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak dipengaruhi oleh dua faktor penghambat yaitu keterbatasan ruang, keterbatasan waktu dan kurangnya pengawasan orang tua sedangkan untuk fakultas penunjang berupa guru di sana, rata-rata lulusan pondok dan memiliki gelar S1 serta memiliki kemampuan mengajar yang baik. Kata kunci: Teknik Pemodelan, Nilai-nilai Keagamaan, Anak-anak.

References


Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273-292.DOI: 10.24090/yinyang.v17i2.6482

Pramudhiarto, U., Awadh, A. S., Husniati, T., & Habib, H. (2024). Hamka's Perspective on Parenting to Support Character Building: A Humanist Islamic Approach. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 115-134.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Nomor 20 Tahun 2003.

Sultan, A. D., Fitriani, A., & Wulandari, R. (2023). Model Layanan Konseling Kelompok Islami Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(03), 532-545

Saputra, R., & Hasanah, S. U. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolis di TPQ Al-Muttahdiin. Al-Shifa Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 92-99.

Arumsari, C. (2016). Konseling individual dengan teknik modeling simbolis terhadap peningkatan kemampuan kontrol diri. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Usman, I., Puluhulawa, M., & Smith, M. B. (2017). Teknik Modeling Simbolis Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. In Proceeding seminar dan lokakarya nasional revitalisasi laboratorium dan jurnal ilmiah dalam implementasi kurikulum bimbingan dan konseling berbasis kkni (pp. 4-6).

Moleong, L. J. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alatas, M. A. (2021). PENGGUNAAN TEKNIK MODELLING DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 177-192.

Rahmatyana, N., & Irmayanti, R. (2020). Teknik Modeling dalam Bimbingan Kelompok untuk Perencanaan Karier Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(2), 61-71.

Nunzairina, N., Sampoerno, M. N., Damanik, M. H., & Iskandar, W. (2021). Integration of Religious Values in learning at MI Bustanul Ulum Batu City. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 49-64..

Eadie, P., Page, J., Levickis, P., Elek, C., Murray, L., Wang, L., & Lloyd-Johnsen, C. (2024). Domains of quality in early childhood education and care: A scoping review of the extent and consistency of the literature. Educational Review, 76(4), 1057-108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats