Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi pada Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran terintegrasi pada anak usia dini dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Studi ini melibatkan 48 anak usia dini yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Proses pembelajaran di TK ABA Dukuh 1 Yogyakarta terintegrasi dengan pembelajaran seni, proyek sains, dan sentra bahasa. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran terintegrasi, sedangkan kelompok kontrol menerima pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terintegrasi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada anak usia dini. Dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang kurikulum pendidikan anak usia dini yang lebih berfokus pada integrasi berbagai mata pelajaran. Selain itu, pembelajaran terintegrasi dapat diimplementasikan secara lebih luas di lembaga pendidikan sejenis untuk meningkatkan kreativitas anak-anak.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwiyah. (2020). Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Melalui Pendekatan Saintifik. Universitas Wiraraja, 5(2). http://setnas asean.id/site/uploads/document/journals/file/59b0f4b6b8306-20-cluster-ekonomi-univ-sumenep.pdf
Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/jpud.111.10
Asrina, N. J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem Pada Materi Gaya Dan Gerak Untuk Sekolah Dasar. xx(xx). http://repository.upi.edu/id/eprint/56900
Eriksson, G. I. (2009). Developing Creative Thinking Through an Integrated Arts Programme for Talented Children. Gifted Education International, 6(1), 8–15. https://doi.org/10.1177/026142948900600103
Heryanti, A. D. (2020). Pembelajaran Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Projek Pltmh. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 77. https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3241
Moreno, J. M., & Hogan, J. D. (2016). The influence of race and social-class level on the training of creative thinking and problem-solving abilities. Journal of Educational Research, 70(2), 91–95. https://doi.org/10.1080/00220671.1976.10884960
Palupi, B. S., Subiyantoro, S., Triyanto, & Rukayah. (2020). Creative-thinking skills in explanatory writing skills viewed from learning behaviour: A mixed method case study. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(1), 200–212. https://doi.org/10.3991/IJET.V15I01.11487
Putri, C. S., Sesunan, F., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 149–155.
Rohim, F., Susanto, H., & Ellianawati. (2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 2.
Sari, W. P., & Maria. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Modul Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(6), 5275–5279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1527
Sukmawijaya, Y., Suhendar, & Juhanda, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. BioEdUIN, 9(9), 28–43.
Suparman. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Bioedukasi Universitas Khairun, 3(2), 367–372.
Supiadi, E., Sulistyo, L., Rahmani, S. F., Riztya, R., & Gunawan, H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah. 05(03), 9494–9505.
Trianingsih, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif ( Berpikir Kre-. 3(1), 70–77.
Wu, M., Siswanto, I., Suyanto, W., Sampurno, Y. G., & Tan, W. (2018). Creative Thinking Curriculum Infusion for Students of Teachers’ Education Program. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i1.16883
Yildiz, C., & Guler Yildiz, T. (2021). Exploring the relationship between creative thinking and scientific process skills of preschool children. Thinking Skills and Creativity, 39(February), 100795. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100795
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130
Zubaidah, S., Fuad, N. M., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving creative thinking skills of students through Differentiated Science Inquiry integrated with mind map. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 77–91. https://doi.org/10.12973/tused.10214a
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.