Modul Ajar Digital Berbasis Kurikulum Merdeka

Mahyumi Rantina, Febriyanti Utami, Mega Nurrizalia

Abstract


Abstrak. Modul Ajar Digital Berbasis Kurikulum Merdeka. Pemerintah mencanangkan kurikulum merdeka di setiap jenjang pendidikan tidak terkecuali pada PAUD. Perangkat pembelajaran dikemas dengan sederhana menjadi modul ajar. Melalui modul ajarlah sebagai pedoman pendidik melaksanakan proses pembelajaran. Namun modul ajar yang tersedia khususnya di PAUD belum adanya modul ajar digital. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul ajar digital berbasis kurikulum merdeka untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila yang valid. Jenis penelitian menggunakan R&D dengan model ADDIE dan tahap Evaluasi menggunakan evaluasi tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthough menggunakan lembar ceklist. Hasil penelitian pada tahap walktrough memperoleh nilai dari validator materi sebesar 96,15% dan nilai dari validator media sebesar 93,18% sehingga diperoleh rata-rata hasil validasi materi dan validasi media sebesar 94,67% dengan kategori sangat valid artinya modul ajar digital berbasis kurikulum Merdeka sangat valid ditinjau dari aspek kebahasaan, aspek penyajian, aspek kelayakan isi, aspek tipografi, aspek media, dan aspek kaidah. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar digital berbasis kurikulum Merdeka sangat valid untuk dilanjutkan ke tahap ujicoba one to one, uji coba small group.

Kata Kunci: Modul Ajar, Digital, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila



Full Text:

PDF

References


Adnan, M. (2017). Evaluasi Kurikulum sebagai Kerangka Acuan Pengembangan Pendidikan Islam. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 108–129.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(1). https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Anwar, R. N. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 1(1), 21–29. https://serambi.org/index.php/communautaire/article/view/7

Asnawati. (2022). Analisis Pembaharuan Kurikulum Darurat pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 786–794. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1824

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2022). Transformasi penerapan modul ajar pada kurikulum merdeka di PAUD. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 151-160.

Fitriyah, W. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243.

Harahap, T. K., & Sos, S. (2022). ATURAN DAN KEBIJAKAN DALAM KURIKULUM MERDEKA. Inovasi Pembelajaran Merdeka Belajar, 33.

Indarta. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Irchamni, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pembelajaran Menggunakan Metode STEAM Dan Media Berbahan Loose Parts di Lembaga PAUD. JURNAL PEDAGOGY, 15(2), 1–12.

Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.

Khikmiyah. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Untuk Guru Paud Di Kabupaten Gresik. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 2082–2091.

Lestariningrum. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran).

Maftuhin, M., & Fuad, A. J. (. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1), 38–46. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/psi.v3i1.502

Maulida. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://doi.org/https://doi.org/10.51476tarbawi.v5i2.392

Nahdiyah. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau dari Konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS)-2022. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3324

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan modul ajar berbantuan teknologi untuk mengembangkan kecakapan abad 21 siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.

Pan, A. J., Lai, C. F., & Kuo, H. C. (2023). No TitleInvestigating the impact of a possibility-thinking integrated project-based learning history course on high school students’ creativity, learning motivation, and history knowledge. Thinking Skills and Creativity, 47(December 2022), 4(7). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101214

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 75-94.

Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 105–115.

Rantina, M., Utami, F., & Andika, W. D. (2022). Prototype Media Interaktif untuk Menanamkan Nilai Pancasila untuk Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 4(2), 156–168.

Rustandi, A. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60.

Safitri. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Safitri & Nisak Aulina. (2022). Analisis Pemahaman Pendidik Anak Usia Dini Kelompok Usia 5-6 Tahun Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 76–87. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.131

siti, N. I. S. R. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Dengan Konsep Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 12–26. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/25810


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats